Jumat, 25 Juli 2014

RPP FOR FIRST GRADE OF JUNIOR HIGH SCHOOL


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Namasekolah : SMP..............
Mata Pelajaran            : BahasaInggris
Kelas/Semester            : VII (Tujuh) / 1
StandarKompetensi    :5. Memahami  makna dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana yang berkaitan denganlingkungan terdekat
KompetensiDasar        :5.1 Membaca nyaring bermakna kata, frasa, dan kalimat dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
Jenisteks                      : teksfungsionalpendek
Tema                           : Let Me Introduce Myself!
Aspek/Skill                  : Membaca
AlokasiWaktu : 1 x 40 menit

Indikator
5.1.1        Melafalkan kata, frasa dan kalimat dengan baik dan benar secara cermat.
5.1.2        Membaca kata frasa dan kalimat dengan intonasi yang benar secara percaya diri.
5.1.3 Membaca nyaring dengan baik dan benar secara percaya diri.

1.      TujuanPembelajaran
Padaakhirpembelajaran, siswadapatmeresponmaknadalam:
a.       Membacateksfungsionalpendekdenganintonasidanekspresi yang tepat
b.      Membacateksfungsionalpendekdenganbantuangambar
c.       Membacanyaringinstruksi, penjelasan, danwaktudengantepat

2.      MateriPembelajaran
Pronunciation kata dan Intonation:
frasa,  kalimat yang telah dipelajari

3.      MetodePembelajaran:
  1. Teacher Directed
1.      Memberikancontoh/model model teksfungsional

  1. Guided Construction
a.       Mengidentifikasiberbagaimacaminformasidalamteks fungsional
b.      Mengidentifikasiinformasi dari teksfungsional
  1. Teaching Strategies
·          Three – phase technique (pre reading, whilst reading, post reading)

      D.    Media              :    Pictures,  teks
      

KEGIATAN PEMBELAJARAN

4.      Langkah-langkahKegiatan
I.             Langkah-langkahKegiatanPembelajaran
LangkahKegiatan
Aktivitas Guru
AktivitasSiswa
Waktu
KarakterBangsa
KegiatanPendahuluan (Pre)
1.   Salam pembuka (greeting).
2.   Mengabsensiswa.
3.   Siswadiberipertanyaantentangkompetensipertemuan yang lalu.
4.   Guru menyampaikantujuanpembelajaran.
§         Memberirespon
§         Memberirespon
§         Memperhatikandanmemberirespon

§         Memperhatikan
10’
1. Cermat

2.Percaya diri






























KegiatanInti (Whilst)
A.    Pre-listening
BKOF
1.   Guru memberipokokmateripertemuaniniadalahteksfungsional
2.   Memperkenalkanteksfungsional

B.     Whilst listening
MOT
1.      Guru membericontohteks (T1)
2.      Menyuruhsiswamengisi (T2)
3.      Menyuruh siswa mengerjakan task (T3)
4.      Gurumembericontoh personal data (T4)


JCOT
1.      Membagisiswa menjadikelompok.
2.      Menyuruh siswa membuat personal data tentang salah satu anggota kelompok. (T5)
3.      Memintasetiapkelompokmendemonstrasikanhasildiskusi.
4.      Membahassoal.


C.    Post listening
ICOT
1. Memintasiswa mengerjakan task. (T6)
2. Memintasiswamembacajkan jawaban



§         Memperhatikan


§         Memperhatikandanmemberirespon.



§     Membaca

§     Memperhatikandanmenjawabpertanyaan
§     Menuliskanpernyataanbenaratausalah (T/F).
§     Memperhatikan




§     Siswamembentukkelompok
§     Semuakelompokmemperhatikandanmenjawabpertanyaan

§     Setiapperwakilankelompokmembacakanhasildiskusinya
§     Memperhatikandanmerevisijawaban



§     Siswamengerjakantugassecarandividu
§     Menjawab pertanyaan
20’




































KegiatanPenutup
(Post)
1. Memintasiswamengucapkankembali kata-kata kunci.

2. Bertanyatentangmasalahpembelajranhariinipadasiswa.
3.  Siswamendapattugasrumah membuat persoanal data tentang ayah
§     Mengucapkankembali kata-kata kunci yang telahdipelajari
§     Meresponpertanyaan guru.

§     Memperhatikantugasdari guru.
10’

5.      Sumberbelajar
a.       Buku Kerja bahasa Inggris SMP kelas 7 Semester Gasal Pemerintah Kota Kediri Dinas Pendidikan Tahun Ajaran 2011/2012
b.      Teks yang relevan
c.       Gambar-gambar yang relevan

6.      Penilaian
1.      Reading Scores ( setiapjawabanbenarmendapatskor 20 : skormaksimum 100 )
NO
NAMA SISWA
ASPEK DAN SKOR ENILAIAN
Excellent (90-100)
Very Good
(81-90)
Good
(71-80)
Fair
(61-70)
1





2





3





4





5





6





7





9





10





        

  1. Rubrikpenilaiansiswauntukpengembangankarakter

Nama
Siswa
Kecerdasan
Kepedulian
Kerjasama
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK



Keterangan  :
Kecerdasan: 
(Dilihatdarikecermatan, kecepatan, danketepatandalammenjawabpertanyaan)
BT=BelumTerlihat (belummenunjukantandatandakemampuanberpikirlogis).                                    
MT= MulaiTerlihat (menunjukantandatandakemampuanberpikirlogis).
MB=MulaiBerkembang (mulaikonsistenmenunjukankemampuanberpikirlogis).
MK=MembudayaKonsisten (konsistenmenunjukankemampuanberpikirlogis).

Kepedulian:
(Dilihatdariatensiselamamengikutipelajarandanmembantuteman)
BT=BelumTerlihat (belummenunjukantandatandapeduliterhadapperintahdanaturandalam PBM)
MT= MulaiTerlihat (menunjukantandatandapeduliterhadapperintahdanaturandalam PBM)
MB=MulaiBerkembang (mulaikonsistenmenunjukankepedulianterhadapperintahdanaturandalam PBM)
MK=MembudayaKonsisten (konsistenmenunjukankepedulianterhadapperintahdanaturandalam PBM)

Kerjasama:
(Dilihatdaripartisipasidalambekerjasamabaikdalamberpasanganmaupunkelompok)
BT=BelumTerlihat (belummenunjukantandatandamampuaktifbekerjasama)
MT= MulaiTerlihat (menunjukantandatandaaktifbekerjasamadenganteman)
MB=MulaiBerkembang (mulaikonsistenmenunjukankemampuanbekerjasama)
MK=MembudayaKonsisten (konsistenmenunjukankemampuanbekerjasama)












                                                                                                            Kediri, 15 Mei 2014
Mengetahui
Dosen Pembimbing                                                                       Guru Mata Pelajaran,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar