RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Namasekolah : SMP..............
Mata Pelajaran : BahasaInggris
Kelas/Semester :
VII (Tujuh) / 1
StandarKompetensi :5. Memahami makna dalam teks tulis fungsional pendek
sangat sederhana yang berkaitan denganlingkungan terdekat
KompetensiDasar :5.1 Membaca
nyaring bermakna kata, frasa, dan kalimat dengan ucapan, tekanan dan intonasi
yang berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
Jenisteks :
teksfungsionalpendek
Tema :
Let Me Introduce Myself!
Aspek/Skill :
Membaca
AlokasiWaktu : 1 x 40 menit
Indikator
5.1.1
Melafalkan kata, frasa dan kalimat dengan baik dan benar secara cermat.
5.1.2
Membaca kata frasa dan kalimat dengan intonasi yang benar secara percaya
diri.
5.1.3
Membaca nyaring dengan baik dan benar secara percaya diri.
1. TujuanPembelajaran
Padaakhirpembelajaran, siswadapatmeresponmaknadalam:
a.
Membacateksfungsionalpendekdenganintonasidanekspresi
yang tepat
b.
Membacateksfungsionalpendekdenganbantuangambar
c.
Membacanyaringinstruksi, penjelasan,
danwaktudengantepat
2. MateriPembelajaran
Pronunciation kata dan Intonation:
frasa, kalimat yang telah
dipelajari
3. MetodePembelajaran:
- Teacher
Directed
1. Memberikancontoh/model
model teksfungsional
- Guided
Construction
a. Mengidentifikasiberbagaimacaminformasidalamteks fungsional
b. Mengidentifikasiinformasi dari teksfungsional
- Teaching
Strategies
·
Three –
phase technique (pre reading, whilst reading, post reading)
D. Media : Pictures,
teks
KEGIATAN PEMBELAJARAN
4. Langkah-langkahKegiatan
I.
Langkah-langkahKegiatanPembelajaran
LangkahKegiatan
|
Aktivitas Guru
|
AktivitasSiswa
|
Waktu
|
KarakterBangsa
|
KegiatanPendahuluan (Pre)
|
1. Salam
pembuka (greeting).
2. Mengabsensiswa.
3. Siswadiberipertanyaantentangkompetensipertemuan
yang lalu.
4. Guru menyampaikantujuanpembelajaran.
|
§
Memberirespon
§
Memberirespon
§
Memperhatikandanmemberirespon
§
Memperhatikan
|
10’
|
1. Cermat
2.Percaya diri
|
KegiatanInti (Whilst)
|
A. Pre-listening
BKOF
1. Guru
memberipokokmateripertemuaniniadalahteksfungsional
2. Memperkenalkanteksfungsional
B. Whilst
listening
MOT
1. Guru
membericontohteks (T1)
2. Menyuruhsiswamengisi
(T2)
3. Menyuruh siswa mengerjakan task
(T3)
4. Gurumembericontoh personal data (T4)
JCOT
1. Membagisiswa menjadikelompok.
2. Menyuruh siswa membuat personal data
tentang salah satu anggota kelompok. (T5)
3. Memintasetiapkelompokmendemonstrasikanhasildiskusi.
4. Membahassoal.
C.
Post listening
ICOT
1.
Memintasiswa mengerjakan task. (T6)
2.
Memintasiswamembacajkan jawaban
|
§
Memperhatikan
§
Memperhatikandanmemberirespon.
§
Membaca
§
Memperhatikandanmenjawabpertanyaan
§
Menuliskanpernyataanbenaratausalah (T/F).
§
Memperhatikan
§
Siswamembentukkelompok
§
Semuakelompokmemperhatikandanmenjawabpertanyaan
§
Setiapperwakilankelompokmembacakanhasildiskusinya
§
Memperhatikandanmerevisijawaban
§
Siswamengerjakantugassecarandividu
§
Menjawab
pertanyaan
|
20’
|
|
KegiatanPenutup
(Post)
|
1.
Memintasiswamengucapkankembali kata-kata kunci.
2.
Bertanyatentangmasalahpembelajranhariinipadasiswa.
3. Siswamendapattugasrumah membuat persoanal data tentang ayah
|
§
Mengucapkankembali kata-kata kunci yang
telahdipelajari
§
Meresponpertanyaan guru.
§
Memperhatikantugasdari guru.
|
10’
|
5. Sumberbelajar
a. Buku Kerja bahasa Inggris SMP kelas 7 Semester Gasal Pemerintah Kota Kediri
Dinas Pendidikan Tahun Ajaran 2011/2012
b. Teks yang relevan
c. Gambar-gambar yang relevan
6. Penilaian
1.
Reading Scores ( setiapjawabanbenarmendapatskor
20 : skormaksimum 100 )
NO
|
NAMA SISWA
|
ASPEK DAN
SKOR ENILAIAN
|
|||||
Excellent
(90-100)
|
Very Good
(81-90)
|
Good
(71-80)
|
Fair
(61-70)
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
||
2
|
|
|
|
|
|
||
3
|
|
|
|
|
|
||
4
|
|
|
|
|
|
||
5
|
|
|
|
|
|
||
6
|
|
|
|
|
|
||
7
|
|
|
|
|
|
||
9
|
|
|
|
|
|
||
10
|
|
|
|
|
|
||
- Rubrikpenilaiansiswauntukpengembangankarakter
Nama
Siswa
|
Kecerdasan
|
Kepedulian
|
Kerjasama
|
|||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
|
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
Keterangan :
Kecerdasan:
(Dilihatdarikecermatan,
kecepatan, danketepatandalammenjawabpertanyaan)
BT=BelumTerlihat
(belummenunjukantandatandakemampuanberpikirlogis).
MT=
MulaiTerlihat (menunjukantandatandakemampuanberpikirlogis).
MB=MulaiBerkembang
(mulaikonsistenmenunjukankemampuanberpikirlogis).
MK=MembudayaKonsisten
(konsistenmenunjukankemampuanberpikirlogis).
Kepedulian:
(Dilihatdariatensiselamamengikutipelajarandanmembantuteman)
BT=BelumTerlihat
(belummenunjukantandatandapeduliterhadapperintahdanaturandalam PBM)
MT=
MulaiTerlihat (menunjukantandatandapeduliterhadapperintahdanaturandalam PBM)
MB=MulaiBerkembang
(mulaikonsistenmenunjukankepedulianterhadapperintahdanaturandalam PBM)
MK=MembudayaKonsisten
(konsistenmenunjukankepedulianterhadapperintahdanaturandalam PBM)
Kerjasama:
(Dilihatdaripartisipasidalambekerjasamabaikdalamberpasanganmaupunkelompok)
BT=BelumTerlihat
(belummenunjukantandatandamampuaktifbekerjasama)
MT=
MulaiTerlihat (menunjukantandatandaaktifbekerjasamadenganteman)
MB=MulaiBerkembang
(mulaikonsistenmenunjukankemampuanbekerjasama)
MK=MembudayaKonsisten
(konsistenmenunjukankemampuanbekerjasama)
Kediri,
15 Mei 2014
Mengetahui
Dosen Pembimbing Guru
Mata Pelajaran,
Tidak ada komentar:
Posting Komentar